Welcome To My Blog

Aug 3, 2011

MANFAAT PUASA


Puasa mempunyai banyak manfaat bagi jasmani dan rohani. Manfaat puasa yang pertama yakni orang yang mengerjakan puasa mendapatkan pahala yang melimpah-ruah dan berhak masuk surga melalui pintu khusus bernama 'Ar-Rayyan'. Orang yang berpuasa juga dijauhkan dari azab pedih serta dihapuskan seluruh dosa-dosa yang terdahulu. 


Manfaat puasa antara lain patuh kepada Allah Swt, yakni meyakini dimudahkan dari segala urusannya karena dengan puasa secara tidak langsung kita dituntun untuk bertakwa, yaitu mengerjakan segala perintahnya dan menjauhi larangannya. Sebagaimana yang terdapat pada surat Al-Baqarah: 183, yang berbunyi ;"Hai orang-orang yang beriman diwajibkan bagi kamu untuk berpuasa sebagaimana orang-orang sebelum kamu, supaya kamu bertakwa.
Manfaat puasa yang kedua, yakni sebagai sarana untuk melatih diri dalam berbagai masalah seperti jihad nafsi, melawan gangguan setan, bersabar atas malapetaka yang menimpa. Bila mencium aroma masakan yang mengundang nafsu atau melihat air segar yang menggiurkan kita harus menahan diri sampai waktu berbuka. Umat muslim diajarkan untuk memegang teguh amanah Allah swt, lahir dan batin, karena tiada seorangpun yang sanggup mengawasi kita kecuali Ilahi Rabbi.
Adapun manfaat puasa yakni melatih menahan dari berbagai gemerlapnya surga duniawi, mengajarkan sifat sabar dalam menghadapi segalaa sesuatu, mengarahkan cara berfikir sehat serta menajamkan pikiran (cerdas) karena secara otomatis mengistirahatkan roda perjalanan anggota tubuh. (Lukman berwasiat kepada anaknya :"Wahai anakku, apabila lambung penuh, otak akan diam maka seluruh anggota badan akan malas beribadah." )
Manfaat puasa yang lain yakni umat muslim diajarkan untuk hidup teratur, karena menuntun kapan waktu buat menentukan waktu menghidangkan sahur dan berbuka. Berpuasa hanya dirasakan oleh umat Islam dari munculnya warna kemerah-merahan di ufuk timur hingga lenyapnya di sebelah barat. Seluruh umat muslim sahur dan berbuka pada waktu yang telah ditentukan karena agama dan Tuhan yang satu.
Manfaat puasa selanjutnya adalah menumbuhkan rasa persaudaraan serta menimbulkan perasaan untuk saling menolong antar sesama. Setiap individu saling membahu dalam menghadapi rasa lapar, dahaga dan sakit, dan mengistirahatkan lambung agar terlepas dari bahaya penyakit menular misalnya. Rasulullah Saw bersabda, "Berpuasalah kamu supaya sehat".
Dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa manfaat puasa banyak sekali macamnya. Bersyukurlah orang-orang yang dapat mengerjakan puasa, sebagaimana Kamal bin Hammam berkata, "Puasa adalah rukun Islam yang ketiga setelah syahadat dan salat, disyariatkan Allah Swt, karena keistimewaan dan manfaat puasa seperti: ketenangan jiwa dari menahan hawa nafsu, menolong dan menimbulkan sifat menyayangi orang miskin, persamaan derajat baik itu faqir atau kaya.

No comments:

Post a Comment

Please, leave your comment in this box