Welcome To My Blog

Aug 2, 2011

Puasa Ramadhan


Alhamdulillah, Ramadhan telah tiba. Awal puasa Ramadhan di Indonesia ditetapkan pada 1 Agustus 2011. Para muslim di dunia menyambut indahnya kedatangan bulan yang penuh berkah ini dengan suka cita, apalagi puasa itu menyehatkan. Semoga umat muslim di dunia mendapat ampunan, hidayah dan barokah-Nya. Amin.


Umumnya, pelaksanaan puasa Ramadhan dilaksanakan selama 30 hari. Namun ada saja halangan yang akan muncul untuk niat melaksanakan puasa penuh di bulan suci ini. Tulisan ini akan memberikan referensi mengenai puasa Ramadhan. Semoga bermanfaat. Amin.
Pengertian puasa menurut bahasa adalah menahan diri dari sesuatu. Sedangkan secara terminologi, puasa adalah menahan diri pada siang hari dari berbuka dengan disertai niat berpuasa bagi orang yang telah diwajibkan sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.

Jadi, PuasaRamadahan adalah menjaga dari pekerjaan-pekerjaan yang dapat membatalkan puasa seperti makan, minum, dan bersenggama sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa Ramadhan diwajibkan atas seorang muslim yang baligh, berakal, bersih dari haidl dan nifas, disertai niat ikhlas semata-mata karena Allah ta'aala.

Rukun puasa Ramadhan adalah menahan diri dari makan dan minum, menjaga kemaluannya (tidak bersenggama), menahan untuk tidak berbuka, sejak terbitnya ufuk kemerah-merahan (fajar subuh) di sebelah timur hingga tenggelamnya matahari.
Firman Allah swt : "Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar". (Al-Baqarah: 187).
(benang putih adalah waktu subuh dan sahur hanya dikerjakan sebelum waktu fajar)

No comments:

Post a Comment

Please, leave your comment in this box